Tes Pramugari Lion Air



Minat tinggi dari sebagian besar wanita untuk menjadi Flight Attendant ternyata ditunjang dengan kesempatan yang luas, terlebih banyaknya Airlines yang ada di Indonesia khususnya dan salah satunya adalah Lion Air. Seleksi pramugari Lion Air biasanya dilakukan di Jakarta ataupun di daerah. Informasi mengenai rekrutmen bisa didapat dari website resmi Lion Air beserta dengan persyaratan yang perlu dipersiapkan pada saat walk in interview nantinya. Dokumen yang dijadikan persyaratan tidak di apply pada website secara langsung namun di bawa pada saat waktu tes yang telah di tetapkan.

Tes Pramugari Lion Air

Tahapan tes pramugari Lion Air cukup sederhana jika dibandingkan dengan tahapan seleksi di maskapai lainnya.

Tahapan Seleksi Pramugari Lion Air

Tahap pertama

Pada tahap ini seperti pada umumnya tes pramugari yaitu cek tinggi badan dan berat badan, selain itu juga mengisi formulir yang disediakan panitia. Tidak lupa untuk menyertakan dan menyesuaikan dokumen yang dibutuhkan sesuai yang tertera pada website (background check). Background check Lion Air telah tergabung pada tahap pertama ini, hanya sebatas penyerahan dokumen tidak terpisah menjadi tahapan seleksi yang utama.

Performance Test

Karena tahap pertama tes tinggi badan dan berat badan menggunakan sistem gugur, maka selanjutnya setelah dinyatakan lulus peserta akan akan mengikuti tahap seleksi performance test. Tes ini secara umum sama dengan tes pramugari lainnya yaitu cek kondisi kulit mulai dari tangan, kaki, lutut serta lainnya untuk mengetahui apakah ada bekas luka yang parah atau tidak. Semuanya mengenai penampilan anda.

Tes wawancara

Tes wawancara di Lion Air tidak dilaksanakan dua kali, setelah dinyatakan lulus pada performance test maka selanjutnya adalah wawancara secara umum mulai dari pengetahuan mengenai maskapai, pramugari serta kepribadian. Interview User dan kompetensi digabung menjadi satu, di saat dinyatakan lulus maka langsung mengikuti tahap selanjutnya tanpa ada wawancara lagi. Tetap persiapkan sebelum tes wawancara tentunya dengan mempelajari Jebol Wawancara.

Psikotes dan Bahasa Inggris

Setelah dinyatakan lulus wawancara tahap seleksi selanjutnya adalah psikotes dan bahasa inggris. Tes tulis secara umum sesuai dengan standar untuk menjadi pramugari.

Medex (Medical Examination)

Tahapan seleksi di Lion Air tidak sebanyak tahapan seleksi di Garuda Indonesia. Tahap akhir untuk penentuan kelulusan adalah ada pada tes medex/tes kesehatan. Tidak terlalu banyak tes yang dilakukan pada tahap ini hanya sekitar fisik, tes darah dan spirometri, tidak perlu takut atau bimbang jika tidak memiliki penyakit yang serius. Karena ini merupakan tahap akhir maka persiapkan diri sebaik mungkin dan jalani beberapa tips sebelum memasuki tes kesehatan.

Rangkaian tes di Lion Air ini sama dengan rangkaian tes pramugari Batik Air yang merupakan anak perusahaan dari lion sendiri

Tes Pramugari Lion Air Daerah dan Pusat

Seperti yang telah disebutkan di awal, tidak ada salahnya untuk mengikuti rekrutmen dimanapun dilaksanakan baik itu di daerah atau pusat. Selama ada keinginan dan kesempatan terbuka maka bisa menggunakannya sebaik mungkin. Namun untuk Lion Air terdapat perbedaan tahap seleksi antara di daerah dan di pusat. Maksud tes di daerah adalah tes di kota-kota besar bukan di Jakarta.

Untuk tes pramugari di daerah (kota-kota besar selain Jakarta) tahapan seleksi FA Lion Air adalah seperti di atas, setelah dinyatakan lulus tes medex maka tinggal menunggu tanda tangan kontrak dengan pihak maskapai. Semua tahapan seleksi dilakukan di derah yang bersangkutan dan tidak perlu beranjak ke ibukota.

Sedangkan untuk tes di Jakarta, kelulusan ditentukan pada tahap Pantukhir. Setelah dinyatakan lulus tes medex peserta harus mengikuti satu tahapan seleksi lagi yaitu pantukhir. Pantauan terakhir atau pantukhir biasanya dilakukan oleh direksi dari maskapai. Penampilan dan wawancara tetap dilaksanakan sebagai penilaian akhir apakah tepat untuk menjadi pramugari atau tidak, dan masih ada kemungkinan untuk tidak lolos. Jadi meskipun tahap akhir tetap lakukan persiapan sebelum pelaksanaan tes untuk lebih memaksimalkan penampilan anda nantinya.

Rekrutmen FA di Lion Air selalu terbuka untuk setiap pelamar yang berkeinginan menjadi pramugari di maskapai tersebut. Setiap maskapai memiliki aturan tersendiri untuk jadwal rekrutmen, dan untuk Lion Air rekrutmen selalu dilakukan pada hari tertentu misal Senin dan Rabu.

Sebagai bahan pembelajaran tes pramugari, kami sarankan anda untuk segera mempelajari Paket Pramugari - Pelajari, Pahami, Ikuti, Dijamin 99% anda bisa jadi pramugari.


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

1 comments: