Tes Pantukhir Pramugari

Seperti dengan nama tes nya yaitu sebagai penentu terakhir apakah anda lulus menjadi seorang pramugari atau tidak. Setelah melewati sekian banyak tahap seleksi, seleksi ini adalah seleksi yang paling menegangkan bagi calon pramugari. Karena tidak ada yang tahu seperti apa kelanjutan nasib masing-masing peserta apakah lulus atau tidak. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penampilan, buat penampilan anda semenarik mungkin namun tidak berlebihan, karena pada tahap ini anda akan di tes dan berhadapan langsung dengan direksi maskapai.

Pantukhir Pramugari

Penampilan yang menarik mulai dari atas rambut sampai dengan kaki semuanya akan diperhatikan termasuk performance gesture tubuh dan gaya bicara anda. Penentuan akhir ini sama halnya dengan tes wawancara karena anda akan banyak diberikan pertanyaan oleh direksi maskapai termasuk dalam bahasa inggris. Jika pada tes sebelumnya merupakan tes dalam cakupan khusus, maka pada pantukhir akan dinilai secara keseluruhan, dan salah satunya adalah kesiapan anda untuk menjadi seorang pramugari.

Bedanya dengan wawancara adalah pada tahap wawancara yang terdiri dari dua tahap yaitu wawancara kompetensi dan wawancara user semua pertanyaan mengarah pada satu topic atau pembahasan baik itu untuk kepribadian atau pengetahuan yang dimiliki. Maka pada tahap ini wawancara dilakukan oleh direksi maskapai yang berjumlah beberapa orang. Pada sebagian maskapai, peserta yang akan di tes telah dibolehkan menggunakan seragam maskapai tersebut pada tahap pantukhir namun masih belum tentu apakah dinyatakan lulus atau tidak. Kunci dari tahap ini adalah selalu tersenyum dan memberikan penampilan yang apa adanya tanpa berlebihan.

Tahap ini cenderung tes mengenai mental dan kesungguhan anda menjadi seorang pramugari, para director of board bisa membedakan mana yang bersungguh-sungguh dan mana yang hanya memiliki niat coba-coba. Kesungguhan tersebut adalah niat awal yang baik untuk menjadi seorang pramugari, di saat memiliki kesungguhan yang tinggi berarti bahwa anda akan bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan aturan yang berlaku dan menerima apapun resikonya.

Setelah dinyatakan lulus pada tahap ini maka berarti bahwa anda telah lulus menempuh setiap tahap seleksi menjadi pramugari, dan siap untuk menandatangani kontrak dan training. Kepribadian merupakan salah satu penilaian utama dari direksi maskapai yang perlu anda perhatikan dengan baik, karena kepribadian mencerminkan pelayanan terhadap penumpang. Kepribadian akan menjadi tolak ukur apakah nantinya anda bisa melayani setiap penumpang dengan baik atau tidak.

Tahapan tes di pantukhir biasanya terdiri atas perkenalan diri, menceritakan prestasi yang dimiliki, motivasi untuk menjadi pramugari serta kesungguhan anda menjadi pramugari. Kurang lebih sama halnya dengan tahapan wawancara, dan satu yang perlu diperhatikan tersenyum dan berbicara dengan santai dan tenang.

Meskipun telah memasuki tahap ini, anda tetap harus berhati-hati dan menampilkan yang terbaik karena peluang untuk gagal masih terbuka lebar. Karena itu memahami dan mempelajari keseluruhan tahapan seleksi adalah langkah terbaik. Paket Pramugari bisa menjadi jembatan dan sebagai usaha untuk mencapai tujuan anda menjadi seorang Pramugari.


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment