Mengenal Group Discussion Test Maskapai Emirates



Tes Group Discussion adalah merupakan salah satu rangkaian tes tahap awal yang diberikan kepada calon pramugari di perusahaan maskapai Timur Tengah "Emirates Airline".

Tes ini merupakan tes lanjutan setelah para peserta lulus tes "Arm Reach Test".

Arm Reach Test sendiri merupakan tes yang tidak akan pernah ditemui di maskapai penerbangan lain, termasuk maskapai penerbangan nasional - kecuali Emirates dan Hongkong Airlines. Pada tes ini setiap peserta diharuskan meraih semacam line yang telah dipasang setinggi 212 cm dan khusus untuk maskapai hongkong airlines adalah 208 cm. Ukuran tinggi tersebut adalah dikhususkan untuk calon pramugari asal Indonesia dan Asia, untuk timur tengah sendiri dan Eropa - tinggi minimal yang diharuskan adalah 214 cm. Dalam tes ini Setiap peserta harus bisa meraih line yang telah disediakan tadi - jika tidak bisa, berarti anda dinyatakan gugur dan tidak berhak mengikuti tes selanjutnya. Disaat anda melakukan tes ini anda akan berdiri tanpa sepatu terpasang di kaki anda.

Arm Reach Test
Arm Reach Test - image: hongkong airlines

Group Discussion Test adalah sejenis tes yang akan menguji kemampuan berfikir anda dan bagaimana cara anda mempertahankan dan beradu argumen dengan pihak lain. Dalam tes ini setiap peserta akan dibagi ke dalam beberapa group, dan setiap group terdiri dari 15 orang peserta tes.

Selanjutnya tim Interviewer akan memberikan topik untuk didiskusikan kepada group yang telah ditentukan tadi. Topik yang diberikan pada GD tahap pertama ini biasanya "Its about Indonesia" atau hal hal yang berkaitan dengan pengetahuan umum.

Setiap peserta harus memberikan pendapat dan beradu argumen dengan peserta lainnya.

Tips Tes Group Discussion Emirates

Agar bisa lolos dalam tes ini, berikut adalah hal hal yang harus anda perhatikan

  1. Disaat memberikan argumen jangan sampai argumen anda keluar dari topik yang diberikan
  2. Argumen haruslah berdasarkan data dan fakta, dan akan lebih baik jika anda benar benar mengetahui topik pokok permasalahan dan atau bahkan telah mengalaminya dan berargumen berdasarkan pengalaman sendiri
  3. Jangan pernah berargumen dengan jawaban yang tidak masuk akal atau menghayal
  4. Disaat memberikan argumen jangan sampai anda terlihat memojokkan atau bahkan menyakiti peserta lain
  5. Perhatikan gaya bicara disaat anda berargumentasi
  6. Selalu tersenyum dan tetap ramah, andai ada peserta yang mencoba menyudutkan
  7. Jawaban yang diberikan harus lugas dan langsung mengenai makna dari topik yang diberikan
Perlu diketahui, disaat anda mulai berbicara dan memberikan argumentasi pendapat anda - tim penilai langsung terfokus kepada anda. Mereka mulai memperhatikan anda secara lebih fokus. mereka akan menilai anda; bahaimana cara anda memberikan jawaban, bagaimana anda berbicara, bagaimana anda meyakinkan orang lain dan bagaimana anda menguasai pokok permasalahan yang diberikan.

Jawaban yang diberikan dengan penampilan yang anda tampilkan saat berdiskusi akan saling mempengaruhi satu sama lain. Usahakan jangan sampai jawaban yang anda keluarkan memberikan peluang kepada peserta lain untuk melakukan "skak mati" terhadap jawaban anda. Hindari juga dari jawaban dan perkataan yang terbata-bata.

Disaat anda bisa berhasil melewati fase tes ini, maka peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti Tes Group Discussion Tahap 2. Dalam tes GD berikutnya, masih tetap sama - hanya saja group yang dibuat akan lebih kecil dibanding group tahap pertama. Pertanyaan juga akan lebih mengerucut ke bidang pekerjaan dan maskapai yang bersangkutan dan terkadang pertanyaan aklan mengarah kepada kepribadian anda. Untuk bentuk pertanyaan FGD dan penyelesainnya kami sertakan dalam buku "Paket Pramugari"

Berikut adalah lembaran statement yang akan anda terima jika anda dinyatakan lulus dalam tes Group Discussion

Contoh Surat Lulus Tes Group Discussion Emirates
Contoh surat statement jika anda dinyatakan lulus dalam tes Group Disuccion - Image: Lo Wei Li

Sedangkan ini adalah contoh lembaran surat statement yang akan anda terima, jika anda dinyatakan gagal dalam tes Group discussion.

Contoh Surat Gagal Tes Group Discussion Emirates
Contoh surat statement jika anda dinyatakan gagal dalam tes Group Disuccion - Image: Lo Wei Li


Tes ini biasanya dinilai oleh tim yang terdiri dari 2 orang, dimana tim penilai tersebut adalah merupakan orang-orang yang diberi mandat oleh perusahaan untuk mendapatkan calon pramugari yang berbudi pekerti selain cantik, pintar dan berwawasan luas.


SHARE

Tes Pramugari

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

1 comments: