Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Wawancara Pramugari

Tes Wawancara Pramugari bukanlah hal yang mudah, akan tetapi hal itu juga bukan berarti hal yang sulit - akan tetapi tes ini lebih difokuskan kepada pertanyaan penggalian identitas, antusiasme, kemampuan, komitmen, kebijaksanaan dan kepribadian dari peserta tes.

Tes Interview Pramugari

Selama tes wawancara dilakukan, mungkin saja calon pramugari terbuang dan terdiskualifikasi akibat kesalahan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan pewawancara - dan oleh sebab itu berikut kami garis bawahi mengenai kesalahan kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta.

Berpenampilan asal dan terkesan kurang rapi

Sebagai seorang calon pramugari sudah selayaknya anda berpakaian rapi, elegan dan wangi. Anda adalah ujung tombak maskapai penerbangan yang akan memberikan pelayanan kepada customer/penumpang. Penampilan dan permorfance harus menjadi point no satu dalam bidang pekerjaan ini

Mementingkan Diri Sendiri

Pramugari adalah cabin crew yang bekerja bersama untuk tujuan bersama.  Sebagai seorang "Flight Attendant", tidak bisa seseorang berlaku mementingkan diri sendiri. Dalam kondisi apapun dan bagaimanapun seorang Stewardesses haruslah mengutamakan pelayanan kepada penumpang, tidak berlaku terlalu agresif dan besar kepala.

Ketidaktahuan Tujuan

Dalam wawancara seringkali peserta tes gugur karena ketidaktahuan tujuan bekerja di bidang ini. Anda sebaiknya telah menetapkan tujuan dan alasan kenapa anda ingin bekerja di sektor ini. Anda harus memiliki alasan jelas dan jawaban lugas untuk hal ini

Pasif

Seorang Pramugari haruslah orang yang berjiwa melayani, aktif dan smile. Pertanyaan wawancara pramugari yang diberikan akan menggali dan mengeksplorasi tentang diri anda sebagai seorang calon pramugari. Sifat pasif ataupun aktif dari tiap peserta akan ketahuan dari jawaban yang diberikan.

Tidak Fokus dan Salah Respons

Pertanyaan yang diberikan pewawancara haruslah dijawab secepat dan selugas mungkin. Dengarkanlah tiap pertanyaan pewawancara sampai pertanyaan selesai ditanyakan. Jawablah dengan jawaban jelas tanpa terbata bata. Responsif tidaknya jawaban peserta tes akan tergantung terhadap fokus tidaknya seseorang mendengarkan pertanyaan yang diberikan.

Terlalu Percaya Diri

Didalam wawancara setiap orang haruslah memiliki kepercayaan diri, akan tetapi bukan berarti PD yang terlalu berlebihan. Over PD bisa diartikan anda sebagai seorang yang tidak bisa menghargai orang lain dan tidak bisa mendengarkan masukan orang lain.

Tidak Memiliki Komitmen

Pertanyaan wawancara ke arah komitmen akan diberikan si pewawancara. Dalam hal ini anda akan diketahui apakah anda orang yang hidup dengan komitmen ataukah orang yang hidup tanpa komitmen.

Bahasa Tubuh Yang Buruk

Disaat anda sedang wawancara, hindarilah bahasa tubuh yang tidak perlu seperti menggaruk, pegang pegang pilpen, baju ataupun menari narik rambut. Bahasa tubuh anda akan sangat mempengaruhi lulus tidaknya anda ketika wawancara.

Membuat Komentar Yang Menghina

Janganlah membuat komentar atau memberikan jawaban yang terkesan menghina atau memburuk burukan seseorang. Keadaan ini akan membuat anda terdiskualifikasi dengan mudah.

Kurangnya Pengetahuan

Sebelum wawancara dimulai, sebaiknya anda sudah memiliki persiapan yang cukup matang baik mengenai esensi dari pertanyaan wawancara, pengetahuan perusahaan maskapai yang dilamar dan pengetahuan tentang bidang kerja yang dipilih. Persiapkan diri anda secara matang dan menyeluruh untuk hasil terbaik.

Sebagai bahan pembelajaran tes pramugari, kami sarankan anda untuk segera mempelajari Paket Pramugari - Pelajari, Pahami, Ikuti, Dijamin 99% anda bisa jadi pramugari.


SHARE

Tes Pramugari

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment