Tes Pramugari Air Asia



Standar tes untuk menjadi seorang pramugari dimiliki oleh masing-masing maskapai, sehingga tidak akan sama satu sama lain. Meskipun sama, cara pelaksanaannya mungkin akan berbeda karena masing-masing memiliki standar khusus dalam penerapannya. Salah satunya adalah Air Asia, maskapai penerbangan swasta yang tentunya diminati oleh banyak pelamar yang ingin bergabung dengan maskapai ini, jabatan salah satunya adalah sebagai pramugari. Standar khusus tersebut mengharuskan setiap pelamar mempersiapkan diri sebelum pelaksanaan tes berlangsung, beberapa tahap diantaranya adalah seperti berikut ini.

Tes Pramugari Air Asia

Tahapan seleksi yang berbeda dengan maskapai lainnya menjadi salah satu pengalaman atau referensi untuk mengikuti seleksi pramugari di kemudian hari dan di maskapai yang berbeda. Yang berbeda dari tahapan tes pramugari Air Asia adalah adanya tes bakat (talent show), bakat yang dimiliki oleh peserta bisa ditampilan pada saat tes tersebut. Direkomendasikan untuk mempelajari Paket Pramugari.

Tahapan seleksi Pramugari Air Asia

Informasi mengenai rekrutmen pramugari akan sangat mudah ditemui oleh pelamar yang memiliki keinginan tinggi menjadi pramugari. Baik itu melalui internet ataupun selebaran dan media masa. Namun yang paling ampuh untuk saat ini adalah melalui website dan medsos, apalagi untuk pelaksanaan tidak hanya dilakukan di Jakarta saja tetapi juga di daerah-daerah lain yang tersebar di Indonesia. Dari berbagai sumber informasi tersebut maka akan membawa calon pelamar tersebut pada walk in interview yang diadakan oleh maskapai.

Tes Pertama

Tahapan pertama selalu menjadi rangkaian utama dalam seleksi tes pramugari adalah tes berat badan tinggi badan beserta dengan dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan. Pada tahap ini sistem gugur, jika overweight atau underweight dan dokumen tidak terpenuhi maka harus rela untuk kembali pulang dan mencoba di kesempatan lain.

Performance Test

Tahapan yang kedua adalah performance test atau tes penampilan semua berhubungan dengan penampilan. Peserta akan mengikuti instruksi dari rekruter pada saat itu biasanya adalah untuk memperlihatkan cara berjalan dan penilaian lainnya. Untuk di Air Asia tidak terlepas juga dari beberapa pertanyaan yang diutarakan oleh rekruter. Selengkapnya mengenai tes performance, cek disini http://www.tespramugari.com/2014/12/tes-performance-pramugari.html

Tes Psikotes dan Bahasa Inggris

Tes psikotes dan bahasa inggris tidak terlepas dalam tahapan seleksi pramugari di maskapai manapun. Salah satu kunci untuk bisa berkomunikasi dengan baik adalah dengan memahami bahasa inggris, kemampuan lain dalam berbahasa tentu akan menjadi nilai tambahan.

Tes Bakat

Sebelum dinyatakan lulus tes psikotes dan bahasa inggris, masih ada tahap seleksi yang harus diikuti yaitu tes bakat. Tes bakat bisa menampilan apapun sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dari tes ini memberikan gambaran bahwa seorang pramugari harus percaya diri di depan public.

Dan satu lagi adalah final screening yang hampir sama dengan pantukhir yaitu penilaian terakhir apakah tepat untuk menjadi pramugari atau tidak. Biasanya juga terdapat beberapa wawancara simple yang disampaikan oleh rekruter.

Medex

Tes Kesehatan atau Medex adalah tahap terakhir dalam seleksi pramugari di Air Asia. Setelah lulus dari tes ini maka berarti yang bersangkutan telah lulusa dan tinggal menunggu untuk tanda tangan kontrak dengan pihak maskapai.

Tes Pramugari Air Asia Daerah dan Pusat

Tidak ada yang berbeda antara tes pramugari di daerah dan di Jakarta, keduanya sama saja harus mengikuti beberapa tahap seleksi yang telah disebutkan di atas. Tidak ada satu tahapan berbeda yang harus dilewati antara tes di daerah dan Jakarta. Namun biasanya untuk medical check up peserta dari daerah akan ditunjuk untuk mengikuti tes kesehatan di Jakarta, tempat yang telah biasa digunakan untuk tes kesehatan calon pramugari Air Asia.

Rekrutmen pramugari di daerah dan pusat memiliki jadwal yang berbeda namun tidak jarang juga dilakukan secara bersamaan antara rekrutmen di daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.Tidak ada salahnya jika domisili atau daerah tempat tinggal anda tidak ada rekrutmen pramugari, anda bisa mengikuti secara langsung ke Jakarta. Namun ada baiknya juga jika menunggu sampai di daerah terdekat dibuka penerimaan karena akan menghemat biaya transportasi. Sebagai rekomendasi untuk mengikuti seleksi pramugari, anda bisa mempelajari Paket Pramugari.



SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment