Tes Medex Pramugari



Tes Medex Pramugari atau kependekan dari Medical Examination yang berarti pemeriksaan kesehatan adalah merupakan rangkaian tes check up kesehatan yang wajib dilalui oleh seorang calon pramugari.

Tes Medex Pramugari

Medical examination pada maskapai tertentu merupakan tes yang terakhir (seperti Lion Air) dan anda harus berbangga jika dinyatakan lulus pada tahap ini berarti langkah selanjutnya adalah kesepakatan contract dengan maskapai dan melakukan training, namun jika tes ini bukan terakhir tetap persiapkan kesehatan anda karena biasanya untuk bisa mengikuti seleksi ini akan diberi tahu jauh-jauh hari.

Tes kesehatan pramugari mencakup semua aspek mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki, beberapa diantaranya adalah

Kesehatan jantung/ECG. Untuk memastikan bahwa tidak ada penyakit jantung yang diderita dan memastikan bahwa anda dalam kondisi sehat.

Selanjutnya adalah pemeriksaan urine, pemeriksaan lab rontgen (paru-paru), dan pernapasan atau spirometri. Begitu lengkapnya pemeriksaan tes kesehatan pramugari, dan tidak akan berhenti sampai disini beberapa tes kesehatan untuk bagian luar masih akan berlangsung.

Mulai dari pemeriksaan gigi. Dokter yang memeriksa tentu sudah faham betul mengenai pemeriksaan gigi untuk seorang calon pramugari. Yang diperhatikan adalah apakah gigi anda berlubang atau memiliki tambalan.

Tes pendengaran atau audiometri. Ingat, menjadi seorang pramugari anda akan berhubungan dengan banyak orang, mulai dari penumpang, crew pesawat sampai orang-orang penting yang belum anda kenal sebelumnya. Namun intinya adalah anda akan menerima arahan atau komando dari kepala pramugari dan kapten selama penerbangan maka pendengaran yang baik akan membuat kinerja anda lebih baik pula.

Rangkaian tes selanjutnya dalam medical cek adalah tes fisik. Tes pada tahap ini yang biasanya dilakukan adalah keseimbangan badan, contohnya adalah dengan melakukan berdiri bangau. Karena tes fisik pramugari berbeda dengan tes fisik untuk menjadi seorang atlet, jadi pada tahap ini tidak memasukkan tes fisik seperti push up, sit up ataupun lari.

Tes terakhir medex adalah tes mata. Tes penglihatan atau tes mata yang meliputi tes buta warna, pergerakan mata dan jarak pandang.

Untuk calon pramugari yang mendaftar di Garuda Indonesia, setelah dinyatakan lulus Medical cek masih harus mengikuti seleksi selanjutnya yaitu ASKAM.

Garis Besar Rangkaian Tes Medex
  • Kesehatan jantung/ECG. Untuk memastikan bahwa tidak ada penyakit jantung yang diderita dan memastikan bahwa jantung anda dalam kondisi sehat.
  • Pemeriksaan lab rontgen (paru-paru), dan pernapasan atau spirometri.
  • Pemeriksaan urine
  • Pemeriksaan gigi
  • Audiometri
  • Tes Fisik
  • Tes mata 
Sebagai rekomendasi terbaik menghadapi tes pramugari, anda bisa mempelajari semua bahan ujian pramugari dengan memiliki Paket Pramugari.

    Lokasi Pelaksanaan Tes Medex

    Loaksi pelaksanaan TEs Medex adalah di Balai Kesehatan Penerbangan yang beralamat di Blok B-11
    Jl. Angkasa, Kemayoran - Jakarta Pusat, 10720.



    Pelaksanaan Medical Examination Test bisa selesai sekitar 3 jam saja jika anda bisa datang ketempat test lebih pagi. Disarankan anda datang ke lokasi tes sebelum jam 6 pagi dikarenakan anda akan mengantri berdesakan jika anda datang jam 7 pagi. Setelah selesai test anda akan mendapatkan sertifikat berwarna kuning yang menandakan anda telah berhasil lulus dalam tes ini. Hasil tes ini hanya berlaku untuk satu tahun saja.

    Sebagai bahan pembelajaran tes pramugari, kami sarankan anda untuk segera mempelajari Paket Pramugari - Pelajari, Pahami, Ikuti, Dijamin 99% anda bisa jadi pramugari.


    SHARE

    Unknown

    • Image
    • Image
    • Image
    • Image
    • Image
      Blogger Comment

    3 comments:

    1. Kalai gigi berlubang emang ga boleh ya?

      ReplyDelete
    2. Saya mau tanya kalau telinngan ganguan saya dilarang oleh dokter minum es, dan berenang saya diberikan alat pendegaran dan saya memakai kerudung gak boleh ya

      ReplyDelete